Home  |  About Us  |  Sitemap  |  Contact Us

Sabtu, 13 Maret 2010

Rahasia Bulan Mars Akan Terungkap

STIFORP Indonesia

Rahasia terdalam dari bulan Mars Phobos akan diungkapkan pesawat ruang angkasa Mars Express Eropa saat terbang dekat dengan benda langit itu.


Mars Express Eropa telah enam kali terbang dekat, termasuk yang pernah paling dekat melewati bulan sejauh 67km pekan lalu.


Wahana itu akan menyelidiki gravitasi secara lebih baik dari sebelumnya, dan mengungkapkan distribusi materi di seluruh bagiannya. Radar MARSIS juga akan mencari struktur di bawah tanah bulan itu, yang mungkin penuh dengan gua-gua.


Data gravitasi akan membantu misi Phobos-Grunt Rusia yang telah ditetapkan untuk mulai diluncurkan tahun 2011 atau 2012, dan bermanuver di sekitar bulan itu sebelum mendarat.


Potret baru Phobos juga akan diungkapkan. "Sampai sekarang, telah berada di bagian gelap bulan," kata ilmuwan proyek ESA Witasse Olivier.


"Pekan ini kami akan beralih terbang ke sisi siang hari yang memungkinkan kamera dan spektrometer untuk mulai bekerja".


Hal itu akan menyediakan komposisi bulan, menguji gagasan bahwa Phobos terbentuk dari batuan yang entah bagaimana bisa mengorbit planet.


Sayangnya, tonjolan batu setinggi 90 meter yang disebut 'monolit' tidak dapat dilihat oleh Mars Express selama rangkaian flybys atau terbang dekat itu.


Monolit itu bisa jadi potongan Phobos yang dilemparkan ke permukaan selama pembentukan kawah. Benda itu pertama kali terlihat pada tahun 1999, dari gambar yang diambil oleh wahana Mars Global Surveyor NASA.


Inilah.com

0 komentar:

Posting Komentar