Home  |  About Us  |  Sitemap  |  Contact Us

Sabtu, 27 Februari 2010

Lingkaran Es di Danau Siberian Cengangkan Ilmuwan

STIFORP Indonesia

Keanehan 'lingkaran es' telah muncul di danau beku di Siberia. Meskipun ilmuwan telah mengungkapkan bahwa tidak ada keterlibatan dari UFO, tetapi mereka tetap bingung bagaimana cara fenomena geologi misterius yang luasnya 2,5 mil telah terbentuk di Danau Baikal.

ini ditemukan di ujung selatan danau, sedangkan yang lainnya terlihat di dekat pusat danau. Gambar-gambar ini diambil oleh astronot aboard Stasiun Ruang Angkasa Internasional yang berkeliling 220 mil di atas permukaan Bumi.

Mereka memetakan perkembangan lingkaran ketika mereka pertama kali muncul pada 5 April sampai 27 April ketika es telah mulai terpecah belah.


'Sepanjang April lingkaran itu semakin terlihat jelas. Fenomena ini muncul ketika es mulai terbelah, dan kemudian hilang ketika es mencair. Pola dan penampakan kelihatan ketika es sudah sedikit tipis,” kata juru bicara NASA.

Permukaan es berubah dengan pesat saat ini di danau Rusia dan dapat mencair dan membeku hanya dalam semalam. Ilmuwan percaya semburan air hangat yang naik ke permukaan yang menciptakan pola khusus itu, tapi mereka bingung darimana sumber air panas itu.

Kegiatan hydrothermal dan arus air panas yang tinggi telah diamati di bagian lain dari danau, tetapi salah satu lingkaran muncul di dekat ujung selatan, relatif lebih jauh – dan biasanya air ini dingin.

Danau Baikal berada di celah lembah dan merupakan danau air tawar terbesar (berdasarkan volumenya) dan terdalam (5400 ft) di dunia. Situs warisan dunia ini juga merupakan salah satu danau tertua di dunia yang berusia antara 25 sampai 30 juta tahun. Kumpulan endapan di bagian bawah danau ini sampai kedalaman 4,3 mil.

Danau ini berisikan beberapa jenis ikan langka yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di planet ini.

*Sumber : Ngobrol aja.com

0 komentar:

Posting Komentar