Home  |  About Us  |  Sitemap  |  Contact Us

Sabtu, 20 Oktober 2012

Sayap kupu kupu dan Panel surya tahan air

STIFORP Indonesia
Profesor Teknik University of Pennsylvania  Shu Yang dan timnya telah menirukan sifat reflektif dan tahan air dari sayap kupu-kupu untuk menciptakan bahan panel surya yang bisa memiliki sifat yang sama dengan sayap kupu kupu untuk meningkatkan kinerjanya dengan menjaga mereka bersih dan kering. Efisiensi panel surya akan berkurang ketika bayak kotoran yang menempel, jadi solusi yang terinspirasi dari alam ini bisa menjaga efisiensi agar bekerja pada level maksimum, ditambah lagi  dengan permukaan yang berwarna-warni akan menjadi pemandangan indah untuk di lihat.

Ilmuwan menjelaskan bagaimana Shu Yang membuat bahan holografik:

"Shu Yang menggunakan litografi holografik untuk menciptakan sifat reflektif sayap ', menggunakan laser untuk membuat pola 3D dalam jenis bahan yang disebut photoresist. Sebuah pelarut kemudian menyapu semua photoresist yang tersentuh oleh laser, menciptakan struktur 3D yang mempengaruhi cahaya untuk menciptakan efek warna, menciptakan tekstur yang sama seperti sayap kupu-kupu yang tahan air. "

Bahan hologram juga bisa digunakan untuk dinding bangunan. Meskipun hal ini tidak akan memiliki aplikasi energi atau tidak menghasilkan energi, Yang jelas ini dapat di gunakan sebagai cara untuk  cara untuk membuat bangunan lebih indah. Dinding Bangunan yang sudah dilapisi akan terhubung ke sebuah chip yang memungkinkan pemilik mengubah warna dan transparansi.






0 komentar:

Posting Komentar