Home  |  About Us  |  Sitemap  |  Contact Us

Sabtu, 20 Oktober 2012

Bumi Akan di bombardir meteor malam ini..!!!

STIFORP Indonesia Hujan meteor Orionid yang berasal dari Komet Halley pada malam hari ini akan menyajikan pemandangan kembang api indah. Anda bahkan dapat menontonya secara online jika cuaca mendukung.

Hujan meteor Orionid 2012 akan mencapai puncaknya Minggu pagi (Oktober 21) pukul 01.00 hingga subuh. Badan antariksa NASA akan menyiarkan secara streaming live dengan mengerahkan semua kamera langit di Space Flight Center yang Marshall di Huntsville, Alabama.

Bumi akan dilewati aliran dari puing-puing komet Halley, Serpihan debu komet masuk ke atmosfer bumi dan memberikan pemandangan puluhan meteor per jam!

Waktu terbaik untuk melihat hujan meteor Orionid ini adalah subuh sebelum matahari terbit pada hari Minggu pagi. Pada saat itu, Bumi akan melewati bagian terpadat dari aliran puing-puing komet Halley. Meteor akan memancar dari konstelasi Orion Pada dini hari akhir pekan ini di langit selatan.

Meteor hasil sisa debu Komet  Halley tersebut tidak berbahaya karena  hanya berupa butiran halus saja.Hujan meteor ini dapat disaksikan di seluruh wilayah  Indonesia dengan syarat cuaca cerah, medan pandang tidak terhalang, dan  jauh dari polusi cahaya. 

Selain meteor Orionids, Anda akan melihat Venus, Mars, Rasi bintang Sirius dan konstelasi  Orion, Gemini dan Taurus.

Sebelumnya, pada 8 Oktober 2012 terjadi puncak hujan meteor Draconids tahun 2012. Hujan meteror ini berasal dari sisa-sisa debu komet Giacobini-Zinner.


Sejak tahun 2006, Orionids telah menjadi salah satu hujan meteor terbaik tahun ini, dengan jumlah dalam beberapa tahun sampai dengan 60 atau lebih meteor per jam.

Untuk melihat Live streaming NASA dapat anda saksikan di tautan ini http://www.nasa.gov/connect/chat/orionids2012.html



0 komentar:

Posting Komentar