Home  |  About Us  |  Sitemap  |  Contact Us

Jumat, 19 Oktober 2012

Fakta tentang Bulan

STIFORP Indonesia

Bulan adalah benda langit paling mudah untuk ditemukan di langit malam. Fase bulan dan orbit bulan adalah misteri bagi banyak orang. Karena dibutuhkan 27,3 hari baik untuk berputar pada porosnya dan orbit Bumi, Bulan selalu menunjukkan wajah yang sama. Kita melihat bulan karena sinar matahari dipantulkan. Berapa banyak yang kita lihat tergantung pada posisinya dalam kaitannya dengan Bumi dan Matahari. Meskipun satelit Bumi, Bulan lebih besar dari Pluto. Beberapa ilmuwan menganggapnya sebagai sebuah planet (empat bulan lain dalam tata surya kita bahkan lebih besar). Ada berbagai teori tentang bagaimana Bulan diciptakan, tetapi bukti terbaru dan yang paling terkenal adalah bulan terbentuk ketika sebuah benda langit dengan massa 10x massa bumi menabrak bumi menjadi dua bagian.

Fisik Karakteristik bulan

  • Struktur internal
Bulan sangat mungkin memiliki inti yang sangat kecil hanya 1 sampai 2 persen dari massa bulan dan sekitar 420 mil (680 km). Ini mungkin sebagian besar terdiri dari besi, tetapi juga mengandung sejumlah besar unsur sulfur dan lainnya.

Mantel karang memiliki ketebalan sekitar 825 mil (1.330 km) dan terdiri dari batuan padat kaya zat besi dan magnesium. Magma di mantel telah membuat jalan ke permukaan di masa lalu dan membuat letusan vulkanik selama lebih dari satu miliar tahun .

Kerak  atas sekitar 42 mil (70 km). Bagian terluar dari kerak rusak dan campur aduk karena semua dampak benturan besar yang diterimanya dari benda langit yang menabraknya seperti meteor, dan telah meleburkan  materi permukaan bulan ke bawah pada kedalaman sekitar 6 mil (9,6 km).

  • Atmosphere
Bulan hampir tidak memiliki atmosfer, sehingga lapisan debu - atau jejak kaki - bisa bertahan  selama berabad-abad. Karena tidak memiliki atmosphere, cuaca di bulan sangat ganas dan suhu berubah-ubah. Suhu siang hari di sisi terang bulan mencapai 273F, di sisi gelap itu akan sedingin -243. Cukup untuk membakar atau membekukan manusia dalam sekejab.

Orbit dan karakter bulan


Rata-rata Jarak dari Bumi
Metric: 384.400 km
Perigee (terdekat)
Metric: 363.300 km
Apogee (terjauh)
Metric: 405.500 km

Orbit / Hubungan dengan bumi
  • Tidal Efek

Gravitasi bulan menarik di bumi, menyebabkan kenaikan permukaan air laut yang dikenal sebagai gelombang pasang. Dalam tingkat yang jauh lebih kecil, pasang surut juga terjadi di danau, atmosfer, dan dalam kerak bumi.

Air pasang di sisi bumi yang terdekat dengan bulan karena gaya gravitasi, dan juga terjadi di sisi terjauh dari bulan karena inersia air.

Tarikan bulan juga memperlambat rotasi bumi, efek yang dikenal sebagai pengereman pasang yang meningkatkan lama hari sebesar 2,3 milidetik per abad, yang berarti bulan akan menjauh 3,8 sentimeter per tahun.dan suatu saat bulan akan benar benar lepas dari gravitasi bumi.

Tarikan gravitasi bulan mungkin kunci untuk membuat bumi menjadi planet layak huni dengan menjaga tingkat kemiringan sumbu bumi, yang menyebabkan iklim yang relatif stabil selama miliaran tahun di mana kehidupan bisa berkembang. Dan anda bisa membayangkan jika suatu saat bumi tidak memiliki satelit yang bernama bulan.
  • gerhana
Selama gerhana, bulan, bumi dan matahari berada dalam garis lurus. Sebuah gerhana bulan terjadi ketika bumi akan berada antara matahari dan bulan, dan bayangan bumi jatuh di bulan. Sebuah gerhana bulan dapat terjadi hanya selama bulan purnama. Sebuah gerhana matahari terjadi ketika bulan akan berada antara matahari dan Bumi, dan bayangan bulan jatuh pada bumi. Sebuah gerhana matahari dapat terjadi hanya selama bulan baru.
  • Musim
Sumbu rotasi bumi miring dalam kaitannya dengan bidang ekliptika, permukaan imajiner melalui orbit Bumi mengelilingi matahari. Ini berarti belahan utara dan selatan kadang-kadang akan menunjuk ke arah atau menjauh dari matahari tergantung pada waktu tahun, memvariasikan jumlah cahaya yang mereka terima dan menyebabkan musim.

Kemiringan sumbu bumi adalah sekitar 23,5 derajat, tetapi kemiringan sumbu bulan adalah hanya sekitar 1,5 derajat. Dengan demikian, bulan hampir tidak memiliki musim. Ini berarti bahwa beberapa daerah selalu diterangi oleh sinar matahari, dan tempat-tempat lain yang terus-menerus dibayangai kegelapan.
  • Eksplorasi & Penelitian
Bulan, obyek paling terang di langit malam, telah menciptakan ritme selama ribuan tahun - misalnya, 1 bulan kurang lebih sama dengan waktu yang dibutuhkan untuk ke bulan purnama ke yang berikutnya. Beberapa orang kuno percaya bulan adalah semangkuk api, sementara yang lain pikir itu adalah cermin yang mencerminkan tanah bumi dan laut, namun filsuf Yunani kuno telah tahu bulan adalah bola yang mengorbit Bumi yang sinarnya adalah refleksi dari sinar matahari. Orang Yunani juga percaya bahwa daerah gelap bulan adalah laut, sementara daerah yang terang adalah tanah.

Ilmuwan legendaris Galileo  adalah yang pertama menggunakan teleskop untuk membuat pengamatan ilmiah bulan, menggambarkan permukaan, kasar dan di penuhi pegunungan. Bertentangan dengan keyakinan populer pada Tahun 1609  bahwa bulan itu halus. Pada tahun 1959, Uni Soviet mengirimkan pesawat ruang angkasa pertama  berhasil memuat  foto-foto pertama dari sisi  jauh(gelap)  bulan. Pada tahun 1969, Amerika Serikat mendaratkan astronot pertama di bulan, dan mereka kembali dengan 382kg batuan dan tanah bulan untuk dipelajari di bumi . 





0 komentar:

Posting Komentar